Ardan 105.9 FM Bandung - NusaRadio

Kamis, 15 Juli 2010

Divisi II 2010 Diawali Di Purbalingga


Pembukaan kompetisi Divisi II Liga Indonesia XVI tahun 2010 secara resmi akan dilakukan di Purbalingga, Jawa tengah, Sabtu (17/7). Perhelatan di Purbalingga ini menyajikan pertarungan seru lima tim peserta di grup VI wilayah Jawa.

"Purbalingga bukan hanya mengajukan diri sebagai tuan rumah pada putaran pertama ini, namun sekaligus siap untuk membuat prosesi pembukaan resmi kompetisi Divisi II tahun 2010 ini," jelas Ketua Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI Iwan Budianto, Kamis (15/7).

Iwan Budianto sangat apresiatif dengan kesediaan Purbalingga untuk mengawali gelaran kompetisi Divisi II ini, apalagi ternyata Purbalingga juga siap untuk menjadi tuan rumah pada putaran berikutnya jika lolos.

"Kesiapan peserta seperti ini yang patut kita beri apresiasi. Namun tentu saja Purbalingga tetap ditunut untuk menjadi tuan rumah yang baik, dengan menjunjung tinggi sportifitas dan fair-play," jelas Iwan Budianto yang berencana ke Purbalingga Sabtu pagi.

Purbalingga, dengan tim kebanggaannya Persap, menjadi tuan rumah Grup VI yang seluruhnya bermaterikan enam peserta. Lima peserta lainnya adalah Persibas Banyumas, Persikas Kabupaten Semarang, Persekap Kabupaten Pekalongan dan Persigar Garut. Pertandingan putaran pertama digelar dengan sistem setengah kompetisi, dengan dua tim peringkat teratas maju ke putaran kedua yang juga dilangsungkan secara home-tournament.

Kompetisi Divisi II Liga Indonesia XVI-2010 melibatkan 78 klub yang pada persaingan putaran pertama dibagi dalam 18 grup. BLAI PSSI mengharapkan kompetiisi bisa diikuti oleh seluruh kontenstan yang berada di Divisi II ini, yakni 100 klub. Namun, 22 tim tak kunjung mendaftar hingga batas waktu terakhir keikutsertaan, yakni 30 Juni. BLAI konsisten untuk tidak memperpanjang batas waktu pendaftaran, seperti diminta beberapa klub, karena terikat pada kesepakatan dalam pertemuan antar-manajer tim beberapa pekan sebelumnya di Jakarta.

"Saat managers-meeting itu kita sepekati bahwa batas akhir pendaftaran adalah 30 Juni, seperti juga yang kita tuangkan sebelumnya dalam Manual Divisi II. Beberapa klub meminta batas waktu pendaftaran diundur karena menunggu selesainya pilkada mereka, akan tetapi tak bisa berspekulasi menunggu hasil akhir pilkada mereka," tegas Iwan Budianto.

Menurut catatan Syauqi Suratno, Sekretaris BLAI, masih ada lebih dari 200 pilkada lagi di hampir 33 provinsi yang menjadi salah satu faktor berkurangnya jumlah peserta kompetisi Divisi II tahun 2010 ini. Hasil akhir pilkada berpengaruh secara signifikan terhadap kesinambungan tim-tim Divisi II ini.

"Ada tim yang sudah mempersiapkan diri untuk mendaftar, tetapi mereka masih harus menunggu hasil akhir pilkada karena khawatir bupati atau walikota yang terpilih nanti punya kebijakan yang lain," kata Syauqi Suratno.

Di sisi lain, Syauqi Suratno juga menyebutkan tentang banyaknya tim-tim anggota Divisi II yang lolos dari babakplay-off namun ternyata tidak mendaftarkan diri untuk turut dalam kompetisi yang sesungguhnya.

"Kita mengadakan babakplay-0ff karena kewajiban, untuk sekaligus menggenapkan jumlah peserta menjadi 100 tim seperti diterakan dalam Peraturan Organisasi PSSI," jelas Syauqi Suratno, yang didampingi Direktur Bisnis Petri Octavianus.

PEMBAGIAN GRUP PUTARAN PERTAMA KOMPETISI DIVISI II LIGA INDONESIA 2010:

GRUP I: 1. PSAU Aceh Utara. 2. Persabar Aceh Barat, 3. Perskas Subulussalam, 4. Medan United, 5. PSSD Dairi;

GRUP II: Persibamer Bener Meriah, 2. Persal Aceh Selatan, 3. PS Pidie Jaya, 4. PSTS Tanjung Balai;

GRUP III: 1. Persikas Bengkalis, 2. Persiks Teluk Kuantan, 3. PS. Muaro Jambi, 4. Persibri Batanghari, 5. Persis Solok;

GRUP IV: 1. Sergai Bedagai, 2. Poslab Labuhan Batu, 3. PS. Pasaman Barat, 4. Kerinci;

GRUP V: 1. Persisko Bangko, 2. PS Bungo, 3. PSKB Binjai, 4. Perpessel Pesisir Selatan;

GRUP VI: 1. Persap Purbalingga, 2. Persibas Banyumas, 3. Persikas Kab.Semarang, 4. Persekap Kab.Pekalongan, 5. Persigar Garut;

GRUP VII: 1. PS Persija Barat, 2. PS Persija Selatan, 3. Perserang Serang, 4. Persipo Purwakarta;

GRUP VIII: 1. PSISRA Sragen, 2. Persitas Tasikmalaya, 3. Persikotas Tasikmalaya, 4. Persipan Pandeglang;

GRUP IX: 1. Persenga Nganjuk, 2. Persinga Ngawi, 3. PSGS Ciamis, 4. Protaba Bantul;

GRUP X: 1. Perseba Bangkalan, 2. Persekap Kota Pasuruan, 3. Persesa Sampang, 4. PSISA Salatiga;

GRUP XI: 1. PSID Jombang, 2. Perseta Tenggarong, 3. Surabaya Muda, 4. Persekama Kab. Madiun;

GRUP XII: 1. Persikoba Batu, 2. Persikapro Probolinggo, 3. Persebo Bondowoso, 4. Persika Karanganyar;

GRUP XIII: 1. Persap Alor, 2. Persisam Sumbawa, 3. Persilotim Lombok Timur, 4. Persikobi Bima, 5. PS Mataram;

GRUP XIV: 1. Persikutim Kutai Timur, 2. PS Bontang, 3. Perseta Tanah Laut, 4. Perseham Marabaham;

GRUP XV: 1. PS Kab.Tapin, 2. PS Gunung Sambung Putra, 3. PS Penajam Paser Utara, 4. PS Nunukan, 5. PSTK Tarakan;

GRUP XVI: 1. Perseka Kaimana, 2. Persifa Fak Fak, 3. Persidago Gorontalo, 4. Persma Manado;

GRUP XVII: 1. Persewar Waropen, 2. Persemi Mimika, 3. Persinam Namlea, 4. Persmi Masohi, 5. PSTK Selayar;

GRUP XVIII: 1. Persipan Paniai, 2. Persipar Pare Pare, 3. PS Boalemo, 4. Persiss Sorong.


Tidak ada komentar: